Halaman

  • Mensos Bersama Rombongan Baru Tiba Di Kampung Basman.
  • Praktek Lapangan.
  • Tebu Rawa Yang Sering Menutup Jalaur Trasportasi Menuju Distrik Senggo.
  • Mensos Melihat Secara Langsung Rumah Pohon.

Rabu, 01 Mei 2013

Upacara Hari Pendidikan Nasional Di Kabupaten Mappi


MAPPI – Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang di selengarakan setiap tanggal 2 Mei  tidak semata-mata memperingati hari kelahiran Ki Hajar Dewan Tara Selaku Bapak perintis Pendidikan Nasional tapi lebih merupakan Momen untuk Memperkokoh Kesadaran dan komitmen Bangsa akan pentingnya pendidikan yang bermutu bagi masa depan bangsa, Di Kabupaten Mappi sendiri peringatan Hari Pendidikan Nasional di tandai dengan upacara bendera yang di laksanakan di halaman SMA Negeri 1 Obaa,  Upacara yang dilaksanakan jam 9 pagi di ikuti siswa siswi Mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, Acara tersebut juga di hadiri Oleh Asisten I setda Mappi, Para kepala SKPD di ruang Lingkup Pemda Mappi, dan Para pegawai di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Mappi.

Sambutan Bupati Mappi Yang di Bacakan Kepala Dinas Pendidikan Dan Pengajaran Welhelmus Dumatubun, SE.S.PD.SD Mengatakan Melalui peringatan ini perkenalkan saya atas nama peperintah daerah Kabupaten Mappi, mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setingi tinginya kepada seluruh Insan Pendidikan, Pemerintah Daerah, Organisasi Yang Bergerak Di Dunia Pendidikan dan pemangku kepentingan  lainya Atas segala Ihtiar, Kepedulian dan perhatian yang di berikan dalam menumbuh kembangkan dunia pendidikan.


Welhelmus Dumatubun Melanjutkan Kita semua telah memahami bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan mobilitas fisik dan non fisik (termasuk kebudayaan dan peradaban semakin tinggi). Mobilitas yang tinggi tersebut memunculkan dominasi peradaban tertentu,benturan antar peradaban atau terbentuknya konvergensi peradaban.Dalam kaitan dengan inilah,peran dunia pendidikan menjadi penting dalam membangun peradaban bangsa yang didasarkan atas jati diri dan karakter bangsa.
Tema hari pendidikan Nasional  tahun 2013 ini adalah MENINGKATKAN KUALITAS DAN AKSES BERKEADILAN. Tema ini sejalan dengan hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional kita, yaitu Ki Hajar Dewantoro,yang pada hari ini kita peringati hari kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.


Kita semua harus bersyukur bahwa pada periode tahun 2010 sampai 2035, bangsa kita dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Kuasa potensi sumber daya manusia berupa populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa. Jika kesempatan emas yang baru pertama kalinya terjadi sejak Indonesia merdeka tersebut dapat kita kelola dan manfaatkan dengan baik, populasi usia produktif yang jumlahnyaluar biasa tersebut akan menjadi bonus demografi yang sangat berharga.

Disinilah peran strategis pembangunan bidang pendidikan untuk mewujudkan hal itu menjadi sangat penting. Akan tetapi, sebaliknya  bukan mustahil kesempatan emas tersebut menjadi bencana demografi bila kita tidak dapat mengelolanya dengan baik. Sudah tentu hal ini tidak kita inginkan.
Pada periode tahun 2010 sampai tahun 2035 kita harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai upaya menyiapkan generasi 2045,yaitu 00 tahun Indonesia merdeka. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan akses seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai ke perguruan tinggi. Tentu perluasan akses tersebut harus diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan, sekalipun kita semua memahami bahwa pendidikan itu adalh system rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan dan kemartabatan.
Untuk mempersiapkan generasi emas tersebut, telah disiapkan kebijakan yang sistematis, yang memungkinkan terjadinya mobilitas vertikal secara masif. Untuk itu mulai tahun 2011 telah dilakukan gerakan pendidikan anak usia dini , penuntasan dan peningkatan kualitas pendidikan dasar,penyiapan pendidikan menengah universal (PMU) yang akan dimulai tahun 2013 selaras dengan akan dilaksanakannya kurikulum 2013.

Akhirnya kami mengucapkan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional kepada semua pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik,penggiat dan pecinta dunia pendidikan diseluruh tanah air. Semoga apa yang kita tanam dan semai dalam dunia pendidikan selama ini, menjadi bagian dari amal kebajikan.
Kita semua ingat ungkapan bijak, “semai dan tanamlah biji dari tumbuhan yang kamu miliki meskipun kamu tahu esok akan mati.” dan “Siapa yang menanam, dia yang akan memetik”. Marilah kita berlomba-lomba menanam kebaikan Semoga kita dan anak cucu kita akan memperoleh kebaikan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar