Halaman

  • Mensos Bersama Rombongan Baru Tiba Di Kampung Basman.
  • Praktek Lapangan.
  • Tebu Rawa Yang Sering Menutup Jalaur Trasportasi Menuju Distrik Senggo.
  • Mensos Melihat Secara Langsung Rumah Pohon.

Senin, 26 Maret 2012

PERESMIAN GEDUNG BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN MAPPI


MAPPI – Kepala badan statistik propinsi papua Ir. J.A Djarot soetanto. MM, sabtu 24 maret 2012 meresmikan pemakain kantor baru BPS kabupaten mappi yang terletak di jalan poros agham kilo 5 kepi Kabupaten Mappi.

Peresmian gedung badan pusat statistik (BPS) tersebut ditandai pengguntingan pita oleh Kepala Badan Statistik Propinsi dan Wakil Bupati Kabupaten Mappi, setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan sarana dan prasarana gedung. Acara yang dilaksanakan pukul 11 siang dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Mappi, ketua DPRD Kabupaten Mappi, kepala bank BRI mappi, Kepala Bank Papua Cabang Mappi, para kepala dinas, badan dan kantor sekabupaten mappi.

Dalam sambutanya Kepala badan statistik propinsi papua Ir. J.A Djarot soetanto. MM mengatakan BPS sedikit demi sedikit ingin melengkapi infrastruktur dalam hal ini gedung perkantoran yang berbentuk prototain. Diseluruh indonesia modelnya sama ini sejalan dengan yang sedang kita lakukan bahwa BPS sedang melakukan renofasi birokrasi yang kita lakukan melalui program satgas tegas, jadi kita bersama 14 kementrian dan lembaga yang lain pada pagi hari ini sudah termasuk yang dinilai cukup baik. Sejalan dengan itu ada beberapa hal yang dilakukan oleh BPS yang pertama kita akan memperkuat sumber daya manusia (SDM) BPS, kedua kita akan meningkatkan IT dan komunikasi, yang ketiga adalah meningkatkan kelembagaan dan organisasi dan yang keempat adalah tata laksana, jadi ada 4 pilar didalam reformasi birokrasi dan juga diterjemahkan 8 pilar diantaranya adalah untuk menegakkan akuntabilitas publik.

Beliau melanjutkan BPS mau tidak mau, suka tidak suka oleh tuntutan birokrasi reformasi di minta mengadakan perubahan yang lebih baik sehingga dalam menyajikan data bisa secara transparan dan mempertanggungjawabkan apa yang telah dibebankan oleh pemerintah. Dilanjutkan BPS sebagai instansi vertikal merupakan instansi yang independen ini sesuai dengan perundangan jadi setiap awal bulan BPS menyajikan rilis data yang tidak disampaikan kepada pemerintah tapi disajikan kepada publik. Supaya publik  dalam waktu yang sama bisa mengetahui apa yang direkam dan dipotret oleh BPS selanjutnya melaporkan kepada pemerintah, sesuai dengan aturan perundangan. Sedangkan untuk standar kerjanya kita mengikuti yang di buat oleh PBB dibidang statistik, jadi kaedah-kaedah, pedoman-pedoman dan metodologi yang kita gunakan harus sejalan dengan apa yang dilakukan oleh PBB.

Diharapkan apa yang dilakukan BPS di kabupaten mappi bisa membantu  Pemda khususnya dalam perencanaan pembangunan maupun evaluasi pembangunan melalui data-data ini. Dan saya selaku kepala BPS Propinsi papua mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan terhadap BPS Kabupaten Mappi yang boleh hadir dikabupaten mappi untuk melakukan tugas-tugas pemerintahan di bidang statistik dan perlu kami sampaikan di dalam sensus penduduk tahun yang lalu Pemda Kabupaten Mappi banyak mendukung serta aparat keamanan juga sangat besar peranannya sehingga sensus penduduk yang merupakan program nasional bisa diselesaikan oleh staf  BPS Mappi dengan baik dan lancar.(DOUGLAS HUMAS DAN PDE SETDA MAPPI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar