Halaman

  • Mensos Bersama Rombongan Baru Tiba Di Kampung Basman.
  • Praktek Lapangan.
  • Tebu Rawa Yang Sering Menutup Jalaur Trasportasi Menuju Distrik Senggo.
  • Mensos Melihat Secara Langsung Rumah Pohon.

Rabu, 22 Juni 2016

PELATIHAN UNTUK PENGAWAS SD



Untuk meningkatkan sumberdaya manusia aparatur dalam pengelolaan manajemen kepengawasan Dinas pendidikan dan pengajaran kabupaten mappi mengadakan pelatihan pembinaan Kelembagaan dan manajemen sekolah dengan penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di satuan pendidikan dasar, kegiatan yang dilaksanakan di aula pertemuan Dinas Kependudukan Catatan Kerja Dan Pemukiman kabupaten mappi di ikuti sebanyak 25 pengawas Sekabupaten Mappi.

Untuk mempersiapkan pengawas sekolah yang ada di kabupaten mappi untuk bisa melakukan tugasnya sebagai pengawas sekolah dengan baik dan pendidikan serta mempersiapkan mereka agar lebih memahami tentang sekolah yang baik itu yang bagai mana, karena tahun ini kabupaten mappi mendapat program gerbang emas salah satunya di bidang pendidikan, sehingga di situ dalam program gerbang emas ini di pilih satu kabupaten dengan dua distrik dua kampung dimana dari dua distrik itu di ambil 1 sekolah SMP, 2 sekolah SD dan 2 paut. Jadi di sini para pengawas-pengawas ini di persiapkan dari program prioritas gerbang emas yang mana nantinya akan didirikan sekoh-sekolah model yang menjadi percontohan sekolah-sekolah lainya sehingga pengawas pengawas ini harus di persiapkan sehingga kedepan apa yang diharapkan bisa tercapai, dan paling utama mempersiapkan bapak ibu pengawas agar mereka tau apa tupoksi kerja mereka dan apa yang harus mereka lakukan sehingga kerja mereka bisa maksimal dan pendidikan bisa berkembang. 


Hal tersebut disampaikan Pengawas Pendidikan propinsi Papua Martha Margareta Tekhala, S.Pd, M.Si kemarin di aula Dinas Kependudukan Catatan Kerja Dan Pemukiman kabupaten mappi dalam acara Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah dengan penerapan manajemen Berbasis Sekolah di Satuan Pendidikan Dasar di jelaskan Suatu pendidikan bisa berkembang dengan baik itu dengan adanya tiga unsure pertama kepala sekolah kemudian pengawas dan dinas. yang mana tanggungjawap sekolah itu ada di dinas pendidikan dan yang menjadi perpanjangan tangan dinas pendidikan dan sekolah adalah pengawas.

kalau pengawas tidak tahu tugas dan fungsinya mereka tidak bisa berbuat apa-apa dan itu bisa menghambat pendidikan itu sendiri karena dinas sebagai pengelola pendidikan tidak tau apa yang harus mereka buat untuk sekolah. Kami bersyukur bahwa kabupaten mappi bisa melakukan pelatihan ini sehingga pengawas SD yang berjumlah 24 orang bisa mengerti, memahami apa tupoksi mereka, dan setelah pelatihan ini kami harapkan mereka bisa kerja dengan maksimal tukasnya.  
Marta menjelaskan Gerbang Emas atau Gerakan Bangkit Mandiri dan Sejahtera merupakan program khusus dari dana otsus yang di prioritaskan untuk kabupaten-kabupaten tertentu dan saat ini memasuki tahun ke 3 dan di tahun ke 3 ini ada 3  bidang saja yakni Pendidikan, Kesehatan dan bidang ekonomi kerakyatan. Dan untuk gerbang emas pendidikan itu di buat sekolah-sekolah percontohan atau sekolah model fersi papua, untuk di jadikan contoh bagi kabupaten tersebut. Diharapkan dengan program gerbang mas ini kita tidak harus kesekolah sekolah lain untuk studi banding karena selama ini kita harus ke luar daerah ketika mau studi banding. Dengan adanya program gerbang emas dibuat sekolah model fersi papua yang disesuaikan dengan geografis tempat itu dan itu bisa menjadi contoh sekolah-sekolah lain yang ada di tempat itu.
Dengan adanya pelatihan ini kami berharap pengawas-pengawas di kabupaten mappi mereka bisa kerja disatuan pendidikan terutama di sekolah sekolah binaan mereka, dan ketika kami pulang mereka bisa berbuat sesuatu sehingga semua sekolah bisa dilayani dengan baik.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar