Halaman

  • Mensos Bersama Rombongan Baru Tiba Di Kampung Basman.
  • Praktek Lapangan.
  • Tebu Rawa Yang Sering Menutup Jalaur Trasportasi Menuju Distrik Senggo.
  • Mensos Melihat Secara Langsung Rumah Pohon.

Kamis, 29 September 2016

PERPUSTAKAAN KELILING DI KABUPATEN MAPPI



Seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat dan meningkatnya kebutuhan informasi di era globalisasi ini, pada umumnya masyarakat perkotaan dan pedesaan makin haus akan informasi yang akurat, tepat dan cepat, baik cetak maupun elektronik. Namun demikian, mengingat keterbatasan sarana dan prasarana, masyarakat pedesaan agak lamban dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan. Untuk mengatasi kesenjangan informasi ini, pemerintah daerah (pemda) berusaha memberikan layanan informasi tertulis kepada masyarakat pedesaan antara lain dengan menyediakan layanan perpustakaan keliling. Layanan jenis ini perlu dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat, agar mereka dapat memanfaatkan perpustakaan keliling sebagai suatu sarana pengembangan pribadi dalam pendidikan nonformal. Perpustakaan keliling merupakan salah satu perangkat penyelenggaraan pendidikan nonformal yang berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. 

Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap masyarakat perpustakaaan Daerah  Kabupaten Mappi menyediakan perpustakaan keliling dalam upaya untuk mendekatkan koleksi terhadap pengguna di berbagai kempung yang bisa dijangkau dengan mobil perpustakaan keliling. perpustakaan keliling adalah yang bergerak dengan membawa bahan pustaka seperti buku-buku dan dan lain-lain yang melayani masyarakat dari satu tempat ketempat lain yang belum terlayani oleh perpustakaan menetap.

Kasie pustaka kantor arsip dan perpustakaan Kabupaten Mappi Margaretta Sattu saat kami temui diruang kerjanya kemarin mengatakan keberadaan perpustakaan keliling ini sangat penting untuk menumbuhkan minat baca bagi anak-anak dan masyarakat, perpustakaan keliling juga untuk mempromosikan keberadaan perpustakaan di kabupaten mappi  kepada masyarakat.

Di jelaskan Untuk pelayanan Kita sudah bagi jatwal kesekolah-sekolah mulai dari SD, SMP, SMA yang ada dalam kota maupun luar kota kepi seperti di Kampung Soba, Dagimon dan Kampung Agham, Kegiatan ini beberapa tahun sudah berjalan dan tahun ini juga sudah berjalan dan kami melayani 4 hari selama 1 minggu. 

Menurutnya tujuan perpustakaan keliling itu sendiri Khususnya di sekolah-sekolah adalah selain untuk menambah wawasan juga untuk merangsang anak-anak di sekolah supaya giat membaca, terlebih-lebih apabila buku-buku di sekolah tidak ada mereka bisa membaca di purpustakaan keliling karana di purpustakaan keliling juga menyediakan buku-buku pelajaran baik dari tingkat SD, SMP maupun tingkat SMA selain itu juga kami sediakan buku buku cerita rakyat dan itu yang paling anak-anak suka terangnya. 

Lebih lanjut dijelaskan Kalau kita lihat perkembanganya selama ini keberadaan perpustakaan keliling disambut cukup antusias oleh siswa-siswa maupun dewan guru ini terlihat dari waktu satu jam yang kita jatwalkan mereka meminta tambahan waktu satu jam, bagi kami tidak ada masalah justu saya sangat senang karena keberadaan perustakaan keliling ini bisa di terima disekolah sekolah bahkan ditengah tengah masyarakat. Selain buku pelajaran perpustakaan keliling juga menyediakan buku tentang komputer, filsafat, fisikologi. Agama, sain atau ilmu pasti, pengetahuan sosioal, bahasa, tehnologi, kesenian, sastra dan sejarah itu yang sementara ada di perpustakaan kabupaten mappi. Sedangkan untuk koleksi buku sendiri sampai saat ini berjumlah kurang lebih 4772 eksemplar dan 2827 judul buku.

Saya berharap untuk adik-adik yang datang di purpustakaan jangan sampai bosan-bosan untuk selalu membaca buku, bukan untuk adik-adik saja bahkan untuk para pegawai maupun masyarakat juga bisa datang ke perpustakaan untuk membaca , karna dengan rajin membaca otomatis ilmu dan wawasan kita juga akan semakin bertambah, kami juga sangat mengharapkan pehatian dari pemerintah daerah supaya ada penambahan buku karena dengan adanya buku buku baru anak-anak sekolah dan masyarakat akan bertambah senang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar